22 Maret 2009

artikel

Artikel suara merdeka remaja
Siap-Siap Tancap Gas!!!!
By: Vie’s

Nggak kerasa, ujian udah tinggal ngitung hari. Kita bakalan bertempur mati-matian ngadepin soal-soal ujian yang sulitnya minta ampun. So, sebagai murid yang rajin, trampil dan gembira (ngutip Dasa Dharma Pramuka), kita musti siap-siap. Bukan cuman siap mental. Materi dan soal-soal prediksi juga musti kita siapkan dan tentu saja kita pelajari.
Yup! Bener banget tuh. Kapan lagi mau nunjukin hasil kerja keras kita selama tiga tahun mendekam di sekolah kalau bukan lewat UN? Nggak banget deh, kalau kita nggak lulus gara-gara malas belajar, malas ngumpulin soal dan seabrek sifat malas lain. ‘Fosilin’ aja tuh sifat males. Biar kita tetep smart ‘n nggak gagap pas ujian.
Toni aja sekarang udah mulai rajin ngumpulin materi plus ngadain diskusi sama temen-temennya. Padahal tuh anak dulunya paling males buat sekolah. Kesannya asal-asalan gitu. Nggak pernah ngerjain pe-er, badungnya minta ampun, kalau di sekolah cuman tidur. Tapi pas inget ujian makin deket, tuh anak berbalik 180 derajat.
“Aku nggak mau ngecewain ortu. Mereka kan udah mati-matian masukin aku ke sekolah. Biar-jadi-anak-yang-pintar! Malu dong kalau sampai nggak lulus. Apa kata dunia?” kata siswa SMA di Batang itu.
Toni bilang, soal-soal ujian tiap tahun tambah sulit. Mutu soalnya juga terus meningkat. Kalau kita nggak belajar serius, bisa-bisa kita jadi manusia paling nggak beruntung sedunia.
“Kata Mama, kalau kita mau berhasil, ya kita musti bekerja keras. Jangan cuman ngandelin teman di depan-belakang atau kanan-kiri kita.” Imbuhnya.
Hasna juga udah mulai ngeluhin masalah UN yang makin nguras pikiran dan tenaga ini. Dia ngerasain gimana susahnya ngerjain soal-soal latihan yang dikasih pihak sekolah. Dia ngerasa belum puas sama hasil yang dia capai selama latian ujian nasional atau LUN ataupun latian ujian akhir sekolah.
“Gimana hasil UN dan UAS-ku bagus kalau ngerjain soal latian gini aja aku kedodoran. Padahal aku udah mati-matian belajar. Kok masih sulit juga ya?” kata cewek hitam manis itu.
Kekhawatiran sih jelas ada. Tapi Hasna yakin bisa ngerjain. Dia juga berharap soal-soal ujian nggak jauh-jauh amat sama prediksi soal yang udah dia pelajari di sekolah. Makanya cewek yang ngambil jurusan IPA itu nggak habis-habianya belajar. Enytime and anywhere dech!
Apa yang dirasain Hasna juga nggak jauh beda sama Rahmi. Cewek SMP itu sering berdebar-debar kalau inget betapa sulitnya soal ujian nanti.
“Sumpah! Rasanya kayak mau perang aja. Aku musti nyiapin diri kalau sewaktu-waktu ada bom waktu meledak di ubun-ubunku. Gimana nggak gitu? Soal-soal IPA kan golongan susah semua. Aku ngrasa sampai botak ngapalin rumus-rumus. Tambah lagi soal IPS. Wiuh, kayaknya nggak kalah sulitnya deh.” kata Rahmi.
Tian, cewek yang ngambil jurusan IPA di SMA N 1 Subah itu juga ngeluhin soal-soal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pas latihan pertama, dia bisa dikira-kira karena soalnya ngambil yang ujian tahun kemarin. Tapi pas latihan tahap dua, dia ngerasa kesulitan banget. Soalnya jauh lebih berkembang dari soal sebelumnya. Banyak kecohannya lagi. So, dia ngerasa harus hati-hati benar buat ngerjain soal latihan itu. Terutama kalau dia ngadepin soal-soal UN beneran.
“Sebenarnya sih cuman satu yang aku khawatirin. Kalau malasku kumat. Wah itu gawat banget deh pokoknya. Makanya buat ngimbangin belajarku yang udah masuk siaga penuh ini, aku sering refresing. Aku juga udah mulai ngatur pola makan yang sehat biar nggak malnutrisi. Juga biar otak tambah fres dan nggak stres.” tambah Tian lagi.
Masalah UN bisa dibilang masalah serius, tambahnya. Tapi kita nggak boleh terlalu serius sampai otot-otot jidad kita menonjol. Meskipun serius, kita wajib nenangin diri. Nenagin diri di sini bukan berarti jadi malas lho!
Abi, cowok berbadan atletis itu setuju sama Tian. Apapun seriusnya masalah yang kita hadapi, kita musti jaga keseimbangan tubuh.
“Jangan sampai deh, gara-gara kita keseriusan belajar kita jadi nggak mikir kesehatan. Atau pas hati-H kita jadi sakit karena nggak sempet sarapan gara-gara nervous.” kata cowok yang ngambil jurusan Bahasa.
Okey gays! Emang seharusnya kita nyiapin diri buat tancap gas. Buat yang belum benar-benar siap ngadepin ujian, buru-buru deh nyiapin segala ‘perlengkapan’. Jangan sampai nanti kita ketinggalan kereta. Nah, yang masih leha-leha sambil natap bintang di langit, wake up!!!!! Plis ya! Jangan cuman jadiin materi ujian yang bertumpuk-tumpuk cuman sebagai bantal! Atau malah kasur?
****

Tidak ada komentar: